Si Bonggi Meluncur di Pasaran

Sebagai bentuk perwujudan misi perusahaan untuk menjadi tetangga yang baik, ASTRA Tol Jomo melakukan program pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar jalan tol. Salah satunya kepada kelompok wanita di Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang yang sudah berjalan sejak tahun 2016. Program ini menghasilkan produk keripik bonggol pisang yang dinamakan Si Bonggi.

ASTRA Tol Jomo memberikan bantuan peralatan kerja, melakukan pelatihan produksi & packaging, serta penyuluhan keamanan pangan. Kelompok wanita yang kini berbadan usaha Balongsari Food ini juga didampingi melakukan pengajuan SPP-PIRT. Bekerja sama dengan DKV ITS, ASTRA Tol Jomo juga membantu membuat brand design kemasan jajanan yang diproduksi Balongsari Food.

Si Bonggi merupakan komitmen ASTRA Tol Jomo untuk mengembangkan dan memajukan perekonomian masyarakat. Tidak sebatas pendampingan dan pemberian modal, tetapi juga ikut dalam hal pemasaran produk. ASTRA Tol Jomo juga membantu memasarkan Si Bonggi baik secara offline maupun online. Setelah berjualan dari pameran ke pameran, kini Si Bonggi dapat dibeli di rest area tol Jomo, pusat oleh-oleh khas Jombang Kunara dan toko oleh-oleh Jenang Kelapa Muda Jombang, serta marketplace dan media sosial.

Ini merupakan tahun ke-4 ASTRA Tol Jomo melakukan pendampingan. Berkat program pemberdayaan ini, kelompok wanita Desa Balongsari bisa mendapatkan penghasilan mandiri yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange