Ternak Untuk Semua

Sebagai tetangga yang baik, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto turut berperan aktif dalam mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Jombang untuk bersama-sama mewujudkan Jombang yang berkarakter dan berdaya saing dengan memanfaatkan potensi yang ada, khususnya di sekitar jalan tol Jombang-Mojokerto.

Berdasarkan kondisi geografis sekitar tol yang sebagian besar adalah lahan pertanian dan adanya potensi dalam hal pemanfaan sisa hasil pertanian yang dapat dijadikan sumber pakan hewan ternak, ASTRA Tol Jomo bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Jombang melakukan program pengembangan kelompok tani ternak di Desa Banjardowo. Setelah dilakukan proses verifikasi kelompok tani ternak berdasarkan potensi sumber daya wilayah, kelembagaan, keberlangsungan kelompok, kepemilikan kandang dan belum pernah menerima hak pemeliharaan dari hibah ternak pemerintah, maka dipilih 2 kelompok tani ternak, yaitu kelompok tani ternak Jaya Makmur dari dusun Sumberwinong dan Sumber Makmur dari dusun Gedangkret.

Dalam program ini, masing-masing kelompok tani ternak tersebut mendapatkan bantuan indukan domba sebanyak 10 ekor betina dan 1 ekor jantan yang dibeli dari desa wilayah sekitar jalan tol, yakni Desa Plosogeneng dan Desa Banjardowo, beserta vitamin dan antibiotik ternak. Selain itu, kelompok tani juga diberikan pembekalan mengenai “Manajemen Budidaya dan Pengelolaan serta Pertanggungjawaban Ternak Hibah” oleh Dinas Peternakan Kab. Jombang.

Harsono Yohanes, Presiden Direktur ASTRA Tol Jomo, berharap dengan pembinaan tersebut peternak binaan dapat mengelola ternak hibah secara baik, profesional dan bertanggung jawab. Program ternak ini merupakan program ternak berkelanjutan dengan konsep “Farmer Social Responsibility”, dimana kelompok tani binaan diharapkan dapat berkembang sehingga dapat membantu kelompok tani ternak lain mengelola hewan ternak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *